Rabu, 27 Juli 2011

Mengenal Procesor

Unit Proses(processing devices)
Dalam unit proses ada yang disebut dengan CPU (Central Processing Unit)  merupakan tempat untuk pemrosesan intruksi- intruksi program. CPU terdiri dari 2 bagian yaitu:
a)      Unit Kendali (Control Unit)
b)      Unit Aritmatik dan logic (Aritmatic and Logic Unit)
CPU juga mempunyai tempat penyimpanan sementara yang disebut Register. Ini merupakan tempat penyimpanan kecil sebelum pemrosesan data. Biasanya dalam bentuk disk.
1)      Peralatan Proses
  • Processor
Merupakan sirkuit terpadu yang mempunyai fungsi sebagai ALU(Arithmatic and Logic Unit) dan Control unit. Sebagai ALU processor bertugas melaksanakan pekerjaan perhintungan, pemindahan data, penyatuan data, pemilihan data, membandingkan data, dan mempertamukan data. Dan sebagai control unit , bertugas untuk mengontrol dan mengkoordinir system computer dalam melaksanakan proses pengolahan data. Itulah sebabnya processor sebagai otaknya computer. Semakin tinggi processor , semakin tinggi kinerja computer.
  • Read Only Memory(ROM)
ROM berisikan suatu program yang telah dibuat oleh pabrik perangkat computer , file yang disimpan disini tidak akan hilang meskipun aliran listrik mati/ off. Fungsi komponen ini yaitu untuk membaca system operasi dari disk, untuk mengecek semua peralatan yang terpasang dalam system dan menampilkan pesan di layar monitor.
  • Random Acces Memory (RAM)
Berbeda dengan ROM,RAM adalah memori yang dapat diisi dengan program dan data selama aliran listrik masih hidup. Bila aliran listrik padam maka terhapus pula seluruh isinya.Kapasitas RAM menggunkan satuan  Megabyte.
2)      Peralatan penyimpanan
Perangkat keras computer yang berfungsi sebagai penyimpan informasi, menyimpan intruksi, maupun program disebut peralatan penyimpan. Beberapa peralatan penyimpan yang perlu kita kenali yaitu disket, hardisk, compact disk (CD), dan flash disk.
3)      Peralatan Tambahan (Periferal)
Periferal adalah perangkat tambahan yang dipasang untuk lebih mendayagunakan computer. Alat ini biasanya berbentuk kartu(card) yang harus dipasang pada expantion slot yang terletak di motherboard.
Beberapa periferal yang biasanya digunakan diantaranya modem(untuk mengubah analog menjadi sinyal digital dari ka telapon untuk keperluan akses internet) dan yang terbentuk Card seperti VGA Card, Sound Card, Music Card,dan TV Card.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar